(Admin 23-24/09) Tantangan pendidikan di abad ke-21 adalah peran dan strategi dalam menjembatani kesenjangan antara proses pendidikan di perguruan tinggi dengan dunia kerja dan kebutuhan inovasi. Pendidikan tinggi harus dapat membuka peluang kepada mahasiswa untuk mengembangkan kemampuannya, mengaktualisasikan dirinya, dan menjawab kebutuhan dunia industri. Berdasarkan hal ini, paradigma dan metode pembelajaran harus terus dikembangkan untuk menghasilkan lulusan yang mampu mengidentifikasi permasalahan dan menemukan solusi dari sebuah penyelesaian kasus. Oleh karena itu, perlu dilakukan penyesuaian kurikulum yang lebih kontekstual, relevan, dan kontributif untuk menciptakan lulusan yang yang kompetitif dan unggul.
Prodi Hukum telah merelaksasi kurikulum untuk mengakomodasi program-program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Namun demikian, masih diperlukan inovasi kurikulum MBKM yang adaptif dan sesuai dengan kebutuhan dunia kerja dan dunia usaha. Dengan demikian, diperlukan Benchmarking di mitra perguruan tinggi nasional bereputasi, dalam kegiatan ini adalah Universitas Indonesia, untuk mendukung inovasi kurikulum MBKM dan pengembangan model pembelajaran hukum berbasis IT.
Berdasarkan nilai penting tersebut, guna mendukung peningkatan kompetensi lulusan sebagai legal expertise berbasis IT yang berwawasan bela negara, kegiatan ini bertema “Benchmarking: Inovasi Kurikulum dan Model Pembelajaran Hukum Berbasis IT dalam Program MBKM”. Dalam kegiatan ini, Prodi Hukum UPN Veteran Jawa Timur akan melalukan Benchmarking di Universitas Indonesia. Lesson learnt dan best practices dari Universitas Indonesia akan dituangkan dalam dokumen Naskah Usulan Kebijakan yang dapat diadopsi dalam kurikulum MBKM dan model pembelajaran yang dikembangkan Prodi Hukum.